PENDUDUK,MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN

PERTUMBUHAN PENDUDUK

Pertumbuhan penduduk merupakan faktor yang penting dalam masalah ekonomi umumnya dan masalah penduduk khususnya.karena disamping berpengaruh tehadap jumlah penduduk juga akan berpengaruhb terhadapkondisi sosial ekonomi suatu daerah atau negara atau bahkan dunia.

wktu pengandaan penduduk dunia selanjutnya dipikirkan 35 tahun. penambahan/pertambahan penduduksuatu daerah atau negara pada dasarnya diper=ngaruhi oleh faktor-faktor demografi sebagai berikut:

  1. kematian (mortalitas)
  2. kelahiran (fertilitas)
  3. migrasi
migrasi adalah akibat dari keadaan lingkungan alam yang kurang menguntungkan.
faktor-faktor migrasi adalah
  1. persediaan sumber daya alam
  2. linkungan sosial budaya
  3. potensi ekonomi
  4. a;lat masa depan
dengan adanya itervening (rintangan antara) maka timbul dua proses migrasi yaitu:
  1. migrasi bertahap
  2. migrasi langsung
KEBUDAYAAN DAN KEPRIBADIAN

  1. Zaman batu dan zaman logam
upaya penelusuran sejarah peradapan bangsa indonesia, mulai dari zaman batu sampai zaman logam, sungguh akan berliku-liku. memerlukan waktu yang panjan.berdasarkan pendapat-pendapat para ahli, ternyata zaman batu itupun terbagi dalam:
  1. zaman batu tua (paleolithikum)
  2. zaman batu muda(neolithikum)
KEBUDAYAAN HINDU,BUDHA,DAN ISLAM
  1. Kebudayaan hindu dan budha
hindu yang berasal ari hindia itu berlangsung las dan mantap. sekitar abad ke 5, ajaran budha masuk ke indonesia, khususnya kepulau jawa. agama budha dapat di katakan berpandangan lebih maju dari pada hiduisme, sebab budhisme tidak menghendakin adanya kasta-kasta dalam masyarakt.

2. kebudayan islam

Pada abad ke-15 dan ke-16 agama telah dikembangkan di indonesia, leh para pemula-pemula islam yan di sebut wali songo. titik sentral penyebaran agama islam pada abad itu ada dipulau jawa. sebenarnya agama islam masuk ke indonesia, khususnya ke pulau jawa . sebelum abad ke-11 sudah ada wanita islam yang meninggal dan dimakamkan di kota gersik.

KEBUDAYAAN BARAT
unsur kebudayaan yang juga memberi warna terhaap corak lain terhadap kebudayaan dan kepribadian bangsa indonesia adalah kebudayaan barat.

KEBUDAYAAN DAN KEPRIBADIAN

Setiap masyarakat mempunyai sistem nilai dan sistem kaidah sebagai konkresisasi. nilai kaedah berisi tentang harapan-harapan masyaraakt, perihal prilaku yang pantas. suatu kaidh, misalnya kaidah ukum memberikan batas pada prilaku seseorang. batas-batas tersebut menjadi suatu aturan permainan dalam pergaulan hiup.

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "